Yang Dihindari

Malang, 6 Februari 2015
Untuk segala yang belum bisa saya hadapi.

Seorang kawan bertanya, apa saya jadi ikut ke Jogjakarta bulan depan untuk mengikuti seminar di salah satu universitas di sana. Sejatinya, dua minggu sebelum ia bertanya hari ini, saya telah mengiyakan tawarannya. Namun malam ini saya meragu. Jadi, ketika ia bertanya apa saya sudah membayar, saya bilang belum.

Ia mengernyit bingung. Agaknya, saya terlihat plin plan di hadapannya. Saya bilang, saya masih memikirkannya. Mungkin baru akan saya putuskan jika jadwalnya sudah dekat.

Kami terdiam.

Saya tahu, ia masih bingung dengan keputusan saya. Jadi, saya menambahkannya, jika saya masih mempersiapkan hati. Ia tak mengerti, sementara saya tetap berdiam.

Saya tak tahu, harus saya dekskripsikan seperti apa kepadanya. Jika bagi saya, kota itu mengerikan. Bukan kotanya (karena siapa yang berani menyangkal keindahan kota Jogjakarta), tapi kenangan di dalamnya. Terlalu kental, dan terlalu membekas. Pun dengan kamu yang menetap di sana…

…dan di dalam diri saya.

Bercokol tak tahu malu. Mengendap ke permukaan dengan semena. Menari-nari di kepala. Saya menghabiskan malam-malam saya untuk bergulat dengan serpihan dalam dada, dengan semua yang kamu tinggalkan dalam otak saya.

Saya terus berlari menghindar, dari kota itu, dari kamu, pun dari pikiran-pikiran saya sendiri. Mengubur dalam-dalam, segala yang seharusnya telah selesai. Sejujurnya saya belum juga berhasil.

Jika berdamai dengan hati saya sendiri pun saya tak mampu, katakan, bagaimana saya sanggup mendatangi akar dari segala kenangan-kenangan itu?

.

If we bump into each other, what would happen?
Would I hide from you amongst the crowd,
even if it’s only a waste of insignificant feelings.
(Taeyang – This Ain’t It)

.

Note: Ditulis untuk 30 Hari Menulis Surat Cinta Hari ke-8

One thought on “Yang Dihindari

  1. Pingback: Perihal Surat Cinta | dandelion notes

.:: Leave a Note ::.

