My Recomended SkyDragon Authors :)

“Statement 1: I love you. Statement 2: I love you. Statement 3: I love you. Go on, take your pick. Pick out my lie.”

True, True, Lie – Yumi Jae

.

Okay, saya sebenernya pengen bikin postingan ini udah dari jaman dulu, sebelum blog itu tercipta ke dunia. Bahkan ketika internet belum ditemukan. (kelamaan diss… -___-“)

Ah, pokoknya udah lama gitu lahh.

Jadi, seperti yang kita ketahui bersama, web bernama asianfanfics.com itu isinya jutaan fanfic dengan jutaan author berbakat yang ciamik menulis fantasinya. Dan saya sering banget jalan-jalan di sana, masuk dan ngebacan satu demi satu, terutama yang Skydragon Couple.  Kenapa? It’s simple. Saya hardshipper mereka.

Kenapa asianfanfics? Mungkin karena saya jarang banget baca FF bahasa Indonesia. Entah kenapa, saya lebih demen baca bahasa inggris. Lebih nyaman aja gitu. Mungkin karena basic kuliah saya yang pake kata pengantar bahasa Inggris. Hehe…

Dan ini list author yang menurut saya recomended dan fanfic-nya berlabel MUST READ. Aku tau, banyak banget author yang bisa menulis dengan baik, tapi mungkin ini yang baru saya tau, dan memang kemampuan mereka sudah saya acungi 10 jempol -entah jempol siapa-.

Jadi, para Infiknight, let’s start~!

.

NalinC

Nalin atau yang biasa dipanggil Nana ini adalah salah satu author yang saya baca di AFF. Waktu itu saya langsung tertarik sama salah satu hasil karya dia yang lagi on going, Secret Files of Lee Chaerin aka CL aka Charlie Lee. Ceritanya tentang CL yang tiba-tiba meninggalkan 2NE1, Korea, dan tentunya Jingyo oppa ke Amerika selama 4 tahun, dan akhirnya kembali ke Korea. Dia kembali ke Negeri Ginseng ini nggak sendiri, melainkan bersama anaknya, Tom. Ohh~ anak siapa ini?? Dan bagaimana pertemuannya dengan Jiyong?

FF ini masih ditulis dalam susunan tidak baku, tapi dari unsur poetric-nya, dia dapet banget. Tapi semakin ke sini, FF nya makin keren, dan tatanannya makin rapi. Sekarang dia lagi punya project sama Scibbler, yaitu Bonnie & Clyde yang tentunya, nggak kalah menggoda untuk ditungguin.

(Recomended: 7/10)

.

Blooddragon

Author yang ini cukup blak-blakan dalam mengemas ceritanya. Tapi ada satu hal yang saya cermati di FFnya dia, tokoh Chaerin selalu jadi orang yang kuat, walau di dalamnya itu dia tetap gadis yang rapuh. Dia selalu memasang satu defense mechanism dalam sosok seorang Chaerin. Liat aja dari Our Best Friend’s Wedding dimana Chae kembali dari Perancis untuk menghadiri pernikahan SunDara couple dengan risiko bertemu dengan Ji yang pernah melecehkannya, Your Reputation Preceedes You, dimana Ji si nerd bertemu Chae, baddass female yang dijauhi satu sekolah, sampai The One to Burn dimana Chae yang kembali ke Korea, harus mendapati Ji yang menumpang di rumah suaminya, Choi Seung Hyun.

Saya suka ide-idenya yang susah ditebak. Bagaimana Ji yang selalu jatuh cinta pada Chae harus menaklukkan gadis yang bersikap kuat itu benar-benar melalui cara yang unik. Dia selalu berhasil membuat kita bertanya-tanya tentang rahasia besar yang dia simpan sampai akhir, dan membuat kita berpikir, ‘What’s next?’

(Recomended: 8/10)

.

Pika04

Author yang satu ini adalah salah satu author yang cukup pesat berkembang, menurutku. Kenapa? Kalau saya perhatikan di awal-awal FF yang dia buat, pengaturan paragrafnya masih kacau, dan keseimbangan antara dialog, aksi dan narasi kurang seimbang. Tapi makin ke sini, karya-karyanya makin keren, begitu juga dengan strukturnya.

Yang saya suka dari author ini adalah IDE. Iya, IDE. Dia punya ide-ide yang cukup wow menurut saya, lucu dan mungkin tidak terpikir oleh saya. Sebut saja Rekindle dimana anak-anak Chae dan Ji punya rencana untuk menyatukan kedua orang tua mereka yang sudah bercerai selama empat tahun. Atau cek FF dia yang lama, yaitu Ultimate CL-Fanboy dimana Ji adalah fanboy dari leader 2NE1, CL dan berharap setengah mati untuk bisa kenal dengan sang idola.

Begitu kamu baca 2 FF ini, mungkin kamu bisa mengerti apa yang saya maksud dengan perkembangan pesat dari author ini. 😉

(Recomended: 7/10)

.

Fendifurs

Satu yang bisa saya katakan tentang karya-karya author ini. UNIK. Bagaimana cara dia menuliskan karyanya, bagaimana dia membawa pembaca masuk dalam dunia buatannya. Dia selalu menulis karyanya tanpa paragraf, atau minim paragraf. Dia selalu menghadirkan lirik-lirik lagu sebagai pembuka, sekaligus pengantar bagi kita untuk lebih menyelami dunianya. Semua ceritanya dihadirkan dalam format center. Tidak sama halnya dengan author lain yang berpaku dengan rata kiri, dia menuliskan di tengah. Selain itu, seringkali dia tidak menuliskan percakapan dengan tanda petik, melainkan dengan italic font. Definitely, dia menabrak semua pakem yang selama ini kita pakai untuk membuat suatu cerita.

Untuk yang malas membaca panjang-panjang, author ini sering kali membuat drabble ataupun oneshot tentang SkyDragon seperti Marvins Room atau Hypnotize U. dan untuk penggemar series, dia sedang menulis Eyeliner and Cigarettes tentang Chae si fashion blogger dan Ji sang DJ eksentrik.

(Recomended: 7,5/10)

.

Astropuff

Saya menemukan karya author ini ketika saya sedang mencari salah satu FF di AFF -yang sampai sekarang belum saya temukan. Karya yang pertama kali saya baca adalah The Clock is Ticking tentang Chae yang kembali ke Korea dengan membawa dendam pada ibu tirinya dan Ji yang berusaha mengembalikan diri  ‘Chae’ yang hilang.  Duh, karya ini benar-benar heartbreaking! Saya berulang kali membaca FF ini kembali hanya karena FF ini begitu membuat saya candu. Apalagi ketika Ji sangat peduli pada Chae yang melupakan Ji dan masa lalunya. (nangis lagi deh. TT___TT)

Author ini idenya cukup menarik. Kalau diberi skala 1-10, mungkin dia saya beri nilai 7. Kenapa? Karena ide dasarnya itu sebenarnya sudah sering dibuat, tapi bagaimana dia meraciknya, membawakannya beserta rahasia yang terkulum di dalamnya itu yang membuatnya menjadi menarik.

Waktu saya ubek-ubek karyanya yang lain tentang 2NE1-Bigbang, saya menemukan karya yang juga membuat saya candu yang lain, Save the Date tentang dua sahabat yang saling suka, kemudian bertemu lagi ketika dewasa hanya untuk menemukan bahwa Ji sudah akan menikah.

(Recomended: 8/10)

.

Ann_the_insomniac

Saya bingung kalau bicara tentang author ini. Dia punya diksi yang keren, pengaturan format yang pas. Ide dan penuturan yang Oh my God. Yang saya cermati dari karya-karyanya, dia selalu mengambil sosok baddass dari Lee Chaerin dan sosok player dari Kwon Jiyong.

Sand, Sun and Fun adalah salah satu karyanya yang sedang on going. Cerita ini bercerita tentang sembilan orang yang berlibur ke pantai. Ji, player sejati, yang sudah lama menyukai Chae, akhirnya memutuskan maju untuk mendapatkan sang baddass female yang pernah membakar ranjang pacarnya ketika pacarnya selingkuh. Dia juga punya kumpulan oneshot Skydragon yang dia kumpulkan di Chaerin and Jiyong Infinite Playlist.

(Recomended: 8,75/10)

.

Skytothedragon04

Saya tahu author ini masih baru-baru ini, dan langsung jatuh cinta. Saya selalu jatuh cinta dengan diksi yang mantap, alur yang keren, dan font maupun format yang tepat. Dan dia memenuhi dahaga saya.

Saya pertama kali membaca karya dia yang Born for the Stage, tentang Chaerin yang selalu menganggap Jiyong sebagai narsistik, arogan, dan gay. Lalu juga ada Stay Together, My Heartbreaker, tentang kehidupan CL dan GD setelah mereka memutuskan untuk berpisah. So sad…

(Recomended: 8/10)

.

SeoulCityLight

Author ini masih menelurkan satu karya, yaitu My Whole World is Her, tentang sang Raja Kwon Jiyong dan gadis objek obsesinya, Lee Chaerin yang ingin pergi dari istana megah Ji. Sejauh ini, saya nyaman dengan karya-karyanya. Secara ide, saya sering membaca Ji sebagai seorang yang obsesif maupun latarnya yang masih berlatar kerajaan. Tapi saya jatuh cinta pada alur, dan gaya penuturan yang dia bawakan. Satu lagi, diksinya mantap~!

(recomended: 7,5/10)

.

Kitty-

Kitty merupakan salah satu author yang sudah menghasilkan banyak karya, baik di AFF maupun di forum Infiknight. Dia adalah salah satu author muda yang juga jago dalam masalah diksi dan cara bertutur. Ide yang dia usung sebenarnya masih berkisar di 6/10. Tapi bagaimana dia membawa pembaca untuk masuk ke dalam dunianya ini yang bisa saya beri 9/10. Feelnya dapet, ngena, dan nendang banget.

Sebut saja Rebound, tentang Chae yang mencintai sahabatnya Ji. Rebound disini artinya disctraction, dimana beberapa orang memilih untuk menjalin hubungan hanya karena takut dengan kesendirian, hanya untuk menjauh dari rasa sakit emosional. Sebenarnya, mana yang lebih sakit menurutmu?

Selain itu, masih ada Hyung~! You Get Married~! tentang Skydragon couple yang dipasangkan dalam program WGM, atau I Wish I Was Him tentang Ji yang mencintai Chaerin yang sudah akan menikah. Betapa dia ingin berada di posisi ‘Him’ yang akan dinikahi gadis itu.

(Recomended: 8,5/10)

.

Kwondyeongwonhi

Sama halnya dengan ketika saya menemukan karya Astropuff, saya menemukan karya Kwondyeongwonhi ini ketika saya mencari FF yang sama. Dia punya skill menulis yang mumpuni, diksi yang ciamik dan cara bertutur yang amazing.

Saya sekarang masih subscribing FF dia yang Young Love, tentang Ji yang masih berharap Chae kembali padanya setelah hubungan mereka berakhir. Ini cukup menguras kalbu yaa… mengingat Ji sebenarnya sayang samun Chae masih persisten dengan hubungan mereka yang sudah musnah, sampai akhirnya Ji memutuskan untuk berhenti mengejar gadis itu. Harusnya Chae senang, tapi benarkah dia?

Selain itu, juga ada Que Sera Sera “Whatever will be, will be..” tentang  Minzy dan CL yang hidup terpisah, sampai akhirnya mereka bertemu kembali. Untungnya, selama ini Minji hidup dibantu dengan seorang pemuda kaya namun menyebalkan Kwon Jiyong. Pemuda ini tidak pernah bisa membiarkan gadis ini hidup tenang, menjahili layaknya anjing dan kucing.

(Recomended: 9/10)

.

Scibblers

Kayaknya para pemirsa yang sering mampir ke AFF sudah banyak yang tahu author ini deh. Saya sendiri mulai ketagihan karya-karyanya sudah sejak lama. Yang selalu saya acungi jempol adalah idenya selalu out of the box, diksinya yang ih wow keren, dan gaya bertutur yang tidak perlu diragukan lagi. Dia menceritakan tiap tokoh dengan gamblang dan masing-masing karakter dengan kuat.

Saya sering subscribe karya dia yang full 2NE1-Bigbang. Misalnya, Idol Secret Society tentang kehidupan lain dari idola, dimana mereka punya perkumpulan senior-junior. Senior berhak memilih junior dari dunia entertainment untuk ‘tidur’ bersama mereka dan junior tidak boleh menolaknya. Humm… terdengar tragis. Sebenarnya apa peran Bigbang di mata 2NE1, pelindung atau penjerumus?

Sekarang dia masih on going 2 fanfiction, Young Hooligans, tentang Chaerin yang pindah dari Seoul ke kota pinggiran dan menemui kehidupan underground, dan The League of Idols, tentang 2NE1 yang harus berjuang menguasai kekuatan Ki yang baru saja mereka sadari dengan dibantu Bigbang sebagai tutor pribadi mereka.

(Recomended: 9,5/10)

.

Yumi_Jae

Yak, ini author terrrrfavoritt saya. Why? Karena di mata saya, karya-karyanya benar-benar perfect. dari ide yang out of the box, diksi yang outstanding, dan gaya bertutur yang -sumpah- tidak ada duanya. Alur ceritanya rapi banget. Author yang berasal dari Malaysia ini benar-benar membuat saya addict sama tulisan-tulisannya. Kalau saya harus menulis betapa saya cinta sama karya-karyanya, ini bakalan sepanjang apa saya juga nggak tau. I think she is the number one Skydragon author for me. 🙂

True, True, Lie adalah karyanya yang pertama saya baca. Fanfiction ini bercerita tentang permainan True, true, lie yang dimainkan oleh 2NE1 dan Bigbang dan membawa pernyataan cinta yang keluar dari sang Bigbang leader. Selain itu, masih ada Broken Coda tentang perpisahan Chaerin dan Jiyong yang penuh dengan rasa sakit dan kesedihan. Coda diartikan klimaks yang berada di akhir komposisi musik, ini sama halnya dengan puncak kehancuran dalam sebuah hubungan.

Selain itu, masih ada fanfiction yang masih on going seperti Ice and Dice dan beberapa oneshot yang tidak boleh dilewatkan seperti When Love breaks free, the inevitable befalls, dan Love Survey. 

(Recomended: 9,99/10)

.

Oke. finally itu 12 author yang akhirnya berhasil saya review. Saya cuma menilai mereka dari apa yang menurut saya nyaman, itu pun dengan kemampuan saya yang sebenarnya ada di bawah mereka. Saya memang biasa menilai FF sari ide, alur, gaya bertutur dan penulisan format. Dan jujur, di AFF kita lebih bebas dalam menentukan format, jadi saya juga lebih terbuka dengan format FF yang mungkin berbeda dengan apa yang biasa kita pakemkan.

Rekomendasi yang saya tulis di bawah itu hanya berdasarkan diri saya. Setiap orang pasti punya pemikiran yang berbeda-beda. Bisa saja kalian lebih suka Scibbler unnie dibandingkan Yumi unnie, atau lebih suka Nalin dibandingkan Fendifurs.

Sebenarnya banyak author-author keren dan bisa menerjemahkan fantasinya dengan baik. Tapi setelah memilah dan memilih, mengamati sekian lama di subscription saya, akhirnya saya memilih 12 author ini. Yang punya pendapat author lain, bisa share di komen kok. Ayo sharing link-link keren. Indonesia maupun Inggris nggak masalah. 😉

Yak yakk para Infiknight, sampai jumpa lain waktu~! ^O^/

Simcerely,

Adiez-chan

The silent sinner that he kept locked away in the deepest of his soul has emerged from his shadows.

“If you don’t let me go now, I will never ever let go of you again.” Jiyong heard himself say.

Her cries stopped and it followed by a soft whisper.

“Then don’t ever let me go.”

When Love breaks free, the inevitable befalls – Yumi Jae

Advertisements

19 thoughts on “My Recomended SkyDragon Authors :)

  1. huwaaa… Benr banget FF di atas emng keren2… b^^d meski q baru baca 50% dr smua ff2 d atas.. Kyanya q mesti baca smua recomen umma.. Tapii klo yg broken coda dr awal dulu baca ni ff q udh nyerah duluan *habis sedih bngt.* punya pika04 jg bgus aplgi.. Q suka yg The Real Man.. *yg skrg msh hiatus* q jg msh nunggu yg Free bird tuh ff gk tau pny siapa.. Eh ya tdnya q gk mau bca yg our best friend kirain q yg nikah itu dara ma Ji kkk *blm bca secuilpun* dan terimakih umma q bkal baca dr sisa2 ff di ats yg blm q baca.. 😀

  2. AHHHH I KNOW!!! Yumi_Jae is the best skydragon author for me too, eonnie :3
    yang sisanya aku belom baca, mungkin kubaca nanti T^T aku suka yang True, True, Lie dan Love Survey. Yang tentang ballet juga pernah kubaca, yang Ice and Dice baru awal-awal. Her stories = perfect!
    terimakasih sarannya, eonnie~ =D

  3. authornim, lain kali check kumpulan ceritanya ‘cl_jidi’ di AFF juga. menurutku dia juga termasuk author yg hebat. salah satu ceritanya ‘my childish lover’ <—— ini menurutku bagus banget.. apalagi cerita dia yg lagi on going "Stockholm Syndrome" sama "vanillla white, cherry red" .. heheh. terus ada lagi author yg menurutku bagus "little tea" hehehe.. hehe aku bukannya promosi. tapi aku cuma pengen nambahin aja. :DD

  4. oh iya satu lagi,, author yg ada di atas kayak nalinC, skybangingdragon, scribblers, pika04, blooddragon, kitty.. aku juga suka banget ama mereka.. pika04 <—– cerita dia lucu2 banget, aplg seungri indie film.. bagus banget..
    kalo ann_insomniac <—- dia memang hebat dan bagus banget karya2nya, tapi dia bukan author favoritku.. soalnya rata2 ceritanya Rated m..

  5. authornim juga bikin cerita di AFF?? kalo iya, aku pengen baca.. aku sering banget baca disana.. maklum cerita skydragon bnyk banget disana dan aku langganan ama cerita2nya. 😀

    • saya tau kok cl_jid. tapi dia bukan author fave saya. soalnya terlalu banyak narasi. hhe..
      little tea aku tau lhoo~~ cuma pas saya bikin ini postingan dia belum bikin FF disana. 😀
      pika)$ emang idenya outstanding. ^^
      ann_insomniac sih emang kebanyakan rated. tapi keren sih penyajiannya. nggak asal rated gituh.
      makasih yaa tambahannyaa.. 🙂

      ada sih. tapi saya jarang sih bikin cerita disana. orang pake bahasa sendiri aja jarang punya waktu, masih harus terjemahin juga. kekeke~~

  6. Skytothedragon04 itu bener banget!!!! aku juga baca ff author itu. duh bytheway makasih banget infonya. soalnya aku juga suka repot kalo jalan2 ke aff terus mesti bacain satu2. ^^

  7. jangan lupa sama velvetmauve and heaven. mereka termasuk author yg bikin broken coda, ice and dice, beloved immortal (dan lupa). terus juga ada cl_jia’s NELL,. nah kalo di skydragon kingdom sendiri, bnyk bgt author yg kere, ada heaven, whitestar, tappity, w-ice (suka bgt ama dia), velvetmauve (bgi yg blm liat karya nya dia cek di sdk), olcajueqish’s terminus ad quem! keren sumpah!!!

.:: Leave a Note ::.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s